A Good Language Teacher: Studium Generale

MEM00dd0784

 

(Banjarmasin, 09/02) Studium Generale yang bertemakan “How to be A Good Teacher” diadakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat pada 9 Maret 2020 bertempat di Aula 1 Student Activity Centre (SAC) ULM Banjarmasin. Dengan dimoderatori oleh Dr. Jumariati, M.Pd, kuliah umum ini menghadirkan seorang pembicara yang juga merupakan dosen di Universitas Negeri Makassar, Chairil Anwar Korompot, Ph.D.

Dihadiri oleh seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang sedang mengambil mata kuliah Pengajaran Mikro, Chairil Anwar Korompot, Ph.D dalam kuliah umum ini menjabarkan karakteristik apa saja yang harus dimiliki oleh guru Bahasa Inggris yang berkualitas. Karakteristik ini meliputi penguasaan terhadap materi, pengetahuan dan keterampilan dalam ilmu pengajaran, serta pengetahuan dan keterampilan dalam ranah sosio-afektif. Korompot juga menambahkan bahwa guru Bahasa Inggris yang berkualitas juga memiliki kemampuan untuk mennggunakan segala sumber daya yang tersedia secara efektif untuk menunjang proses pembelajaran bahasa.

Usai pemaparan materi dari Chairil Anwar Korompot, Ph.D, sesi tanya jawab dibuka. Sesi tanya jawab ini berlangsung aktif dengan dipandu oleh moderator dan terbagi ke dalam dua sesi. Sesi tanya jawab pertama menghadirkan tiga orang penanya, dan sesi kedua menghadirkan dua orang penanya. Hal-hal yang dibahas dalam sesi ini pun beragam, mulai dari bagaimana membuat kesan pertama yang baik ketika mengajar, bagaimana menumbuhkan kepercayaan diri ketika mengajar di kelas, bagaimana sebaiknya seorang guru membangun relasi baik dengan siswa dan guru, hingga diskusi terkait adanya pembelajaran daring atau online learning dalam dunia pendidikan. Sesi tanya jawab dan diskusi ini menjadi sesi terakhir dalam kuliah umum bertemakan “How to Be A Good Teacher” ini.

 

Leave us a Comment