One Day Seminar

WhatsApp Image 2019-05-20 at 11.04.08 AM

Selasa (30/4) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lambung Mangkurat mengadakan seminar yang mendatangkan Robert Richmond Stroufe, Ph.D., seorang professor dari Universitas Soka, Tokyo, Jepang. Acara bertajuk “One Day Seminar On Empowering Non-Native English Speaking Teachers” ini bertempat di Aula Lantai 1 Rektorat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan dihadiri oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris serta peserta PPG (Pelatihan Pendidikan Guru) Bahasa Inggris.

Rangkaian acara dimulai dengan sambutan dari Wakil Rektor I, Dr. Aminuddin Prahatama Putra, M. Pd, penyerahan kenang-kenangan serta foto bersama para staf dan Richmond Stroufe, Ph.D., kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi dari narasumber yang dimoderatori oleh Nanik Mariani, M.Pd. Materi yang disuguhkan berfokus kepada bagaimana menjadi pendidik Bahasa Inggris professional meskipun bukan seorang “native speaker.” Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta seminar dan narasumber. Karena waktu yang terbatas, di sesi tanya jawab ini dibatasi dua pertanyaan saja. Selesai sesi tanya jawab, peserta seminar diberi waktu istirahat sepuluh menit sebelum melanjutkan ke agenda workshop.

Richmond Stroufe kemudian membeberkan sejumlah strategi untuk mengajar pelajaran bahasa di dalam kelas untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan yang diperlukan peserta didik untuk menghadapi tantangan di abad ke-21. Kali ini, ia mengajak seluruh partisipan untuk terlibat aktif dengan memberikan sejumlah pertanyaan yang membantu partisipan membedakan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centered Learning) dan strategi pembelajaran yang berpusat pada murid (Student Centered Learning). Agenda workshop ini menjadi agenda terakhir dari seminar ini.

Blog Attachment

Leave us a Comment