Lokakarya Penyusunan Komponen Kurikulum Perguruan Tinggi

1543452349426

Kamis/29/11/2018 bertempat di UPT Bahasa Universitas Lambung Mangkurat. Lokakarya Penyusunan Komponen Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) diselenggarakan untuk menyongsong Tahun ajar 2019.

Lokakarya Penyusunan Komponen Kurikulum Penguruan Tinggi (KPT) bagi Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM Banjarmasin ini telah dilaksankan pada hari Kamis, 29 Nopember 2018, pukul 08.00-16.00 Wita. Pelaksanaan pelatihan bertempat di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Bahasa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Peserta yang hadir pada Lokakarya Penyusunan Komponen Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) sejumlah 22 orang.

Materi yang diberikan oleh Dr. Ir. Gusti Rusmayadi pada Lokakarya ini meliputi Capaian Pembelajaran (CP) yang beroreintasi KKNI, SNPT dan ERA Industri 4.0. Dalam penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) sendiri harus mengikuti Profil Lulusan. Pa Rusmayadi memberikan cara dalam penyusunan CP agar sejalan dengan Profil Lulusan.

Dalam kaitannya Kurikulum Perguruan Tinggi dan Era Industri 4.0, Pa Rusmayadi mengemukakan agar kurikulum di reorentasi kan, dalam hal Literasi, dikembangkan dengan memasukan data, teknologi dan humanities. Dalam kegiatan ekstra kurikuler, dapat mengembangkan sikap kepemimpinan dan mampu bekerja dalam tim. Dimunculkan dan diintegrasikan dalam pembelajaran yaitu pembelajran hybrid atau pembelajaran blended.

Diharapkan hasil jangka panjang Lokakarya ini adalah bentuk layanan terhadap Mahasiswa untuk menyongsong Era Industri 4.0. Sehingga para lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP, ULM mampu bersaing di dunia kerja.

 

Leave us a Comment