Pelatihan E-Learning

IMG-20181018-WA0017

Kamis/18/10/2018 bertempat di Aula Lembaga Peningkatan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Universitas Lambung Mangkurat. Pelatihan E-Learning bagi dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM dilaksanakan. Sebagai Instruktur dalam kegiatan ini adalah Dr. Fatchul Mu’in, M.Hum dari Pusat Pengembangan Inovasi Pembelajaran (PIP) LP3 ULM.

Peserta dan tamu undangan yang hadir pada acara pelatihan e-Learning sejumlah 26 orang dari 32 orang yang diundang. Alasan ketidakhadiran beberapa orang peserta dan tamu undangan tersebut adalah karena memiliki kegiatan lain dengan jadwal yang bersamaan dengan jadwal pelatihan. Namun, hal ini bukanlah kendala yang berarti dikarenakan seluruh dosen aktif pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM dapat menghadiri dan mengikuti pelatihan ini.

Materi yang diberikan pada pelatihan ini meliputi praktik penggunaan e-Learning Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk dosen. Adapun panduan penggunaan e-Learning yang pada pelatihan ini secara lengkap dapat dilihat pada lampiran.

Berdasarkan hasil pelaksanaan e-Learning ini, para peserta merasa telah memiliki pengetahuan yang cukup dengan materi/penjelasan yang diberikan instruktur hal ini terlihat dari keberhasilan seluruh peserta mengoperasikan akun e-Learning ULM pada akun simari peserta dan keberhasilan peserta mengikuti langkah-langkah penggunaan e-Learning berdasarkan pemaparan instruktur pelatihan.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan awal yang sangat bermanfaat khususnya bagi peserta yang sama sekali belum pernah mengoperasikan laman e-Learning ULM pada akun simari peserta. Pada pembukaan pelatihan, penjelasan mengenai pentingnya penyelenggaraan e-Learning telah dipaparkan. Di Universitas Lambung Mangkurat sendiri, dari 750 Mata Kuliah yang diharapkan telah menggunakan e-Learning, hanya sekitar kurang lebih 120 Mata Kuliah yang aktif menggunakan e-Learning dalam proses pembelajaran dan pengajaran. Ini merupakan semangat awal bagi peserta untuk menambah jumlah dosen aktif dalam penggunaan e-Learning.

 

Blog Attachment

Leave us a Comment