Seminar Extensive Reading

Prof Koch 1

Kamis (3/5/2018) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM menyelenggarakan Seminar dengan mangangkat tema Extensive Reading. Dengan mengundang Prof. Thomas C. Koch sebagai pembicara. Acara ini bertempat di Aula I Rekotorat ULM Banjarmasin.

Prof. Koch memulai pemaparannya dengan memberikan contoh dalam belajar emapt skills (reading, speaking, writing, dan listening) dalam bahasa inggris sama hal nya seperti bermain soccer, sebagai orang Amerika beliau memilih kata soccer daripada football. Dalam bermain soccer tegas beliau tidak ada skill atau kemampuan yang diperoleh secara instan, latihan secara rutin juga sangat di perlukan dalam belajar bahasa.

Dalam Extensive Reading diminta siswa untuk membaca buku sebanyak mungkin, tapi hal ini lah yang menjadi tantang bagi Guru untuk membantu siswa nya menikmati dan memahami proses membaca buku tersebut. Tantangan ini lah yang menjadikan Extensive Reading menjadi solusi nya. Karena Extensive Reading menyarankan guru mengetahui tingkat kemampuan mambaca siswanya, sehingga grader book yang di tawarkan Extensive Reading bisa menjadi fasilitas yang sangat berguna untuk siswa.

Berapa persen kira-kira siswa perlu memahami ketika membaca buku? tanya Prof. Koch, 80% memahami kosakata saja cukup untuk memahami buku. Sebenarnya lanjut Prof. Koch, harus 100%. Untuk bener-bener memahami buku.

 

Blog Attachment

Leave us a Comment