Bimtek Penyusunan Komponen Kurikulum Pendidikan Tinggi

DSC_0295

Rabu (1/11/2017) Program studi Pendidkan Bahasa Inggris FKIP, ULM menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kurikulum Pendidikan Tinggi di Saturnus function hall, Golden Tulip Banjarmasin.

Kegiatan ini menghadirkan tiga pembicara yaitu Prof. Dr. H. Suratno, M.Pd (LP3 ULM), Prof. Dr. H. Abdul Muth’im, M.Pd.  dan Dr. Cayandrawati, M.A. dan dihadiri oleh semuga dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan juga undangan dari Dosen-dosen di lingkungan FKIP ULM.

Prof. Dr. Suratno menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi dengan Program Studi yang menggodok lulusan yang seperti bagaimana yang akan dicetak. Hal ini berhubungan dengan Kurikulum sebagai resep untuk menghasilkan perubahan pada lulusan dalam tiga hal yaitu Cognitive, affective, dan Psychomotor.

Prof. Dr. H. Abdul Muth’im menegaskan dalam penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan harus berkesusain dengan Profil Lulusan Prodi Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Untuk Prodi Studi Pendidikan Bahasa Inggris sendiri menghasilkan Profil lulusan sebagai berikut Calon Guru Bahasa Inggris, Asisten Peneliti, Entrepreneur dan Penulis.

Dr. Cayandrawati S., M.A. mengharapkan deskripsi dan capaian untuk kurikulum KPT berada pada level 6 hal ini sesuai dengan standard yang telah ditetapkan oleh KKNI. Dalam pembuatan bahan kajian harus berkesesuain dengan dengan profil lulusan.

Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Komponen Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk pengembangan kurikulum yang ada di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM sehingga pengajaran dan peningkatan kualitas lulusan dapat diperoleh secara optimal.

 

 

Blog Attachment

Leave us a Comment