PKL ke SMAN 1 Tanjung dan SMKN 1 Murung Pudak

 

Jumat (21/04/2017) bertempat di dua sekolah, SMA 1 Tanjung dan SMKN 1 Murung Pudak , English Department mengadakan PKL. Kegiatan ini di ikuti oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengajaran Mikro atau PPL I (Praktek Pengajaran Lapangan).

Selama 45 menit mereka menjadi guru dan mengajar di hadapan siswa kelas X dan XI di SMAN 1 Tanjung dan SMKN 1 Murung Pudak. Tiap-tiap ruang kelas ada 1 mahasiswa yang mengajar dan ada 2 mahasiswa yang melakukan observasi.

Di dalam satu ruang kelas ada 4 orang mahasiswa yang secara bergantian mengajar. Satu orang mahasiswa mengajar dengan salah satu dari 4 skill (listening, reading, speaking dan writing) dan mendapatkan materi yang menyesuaikan dengan skill tersebut.

Sebelum mengajar mahasiswa sudah menyiapkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pengajaran), media dan reward. RPP yang ini sudah di konsultasikan dengan dosen pembimbing sebagai acuan dalam mengajar. Media berupa Caption, Karton Board dan Pocket Chart sebagai alat bantu dalam mengajar. Reward berupa permen dan coklat yang dibagikan kepada siswa sebagai motivasi apresiasi dalam proses pengajaran.

Kegiatan ini di harapkan menjadi ajang persiapan untuk mahasiswa menghadapi PPL II di sekolah selama 3 bulan di semester berikutnya.

 

Leave us a Comment